Sekda Papua, DR. M. Ridwan Rumasukun mewakili Ketua Umum Peparnas XVI Papua 2021 yang juga Gubernur Papua, Lukas Enembe saat menyalahkan api Peparnas XVI Papua 2021 di skuadron di Gedung Negara, Dok V Atas, Kota Jayapura, Kamis (4/11).

JAYAPURA (PT) – Kirab Api Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021, memasuki hari ketiga, Kamis (4/11) dan sudah tiba serta disemayankan semalam di Gedung Negara, Kota Jayapura, setelah diambil dari sumber mata api tradisional di Kampung Genyem, Lembah Grime, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura.

Api Peparnas XVI Papua 2021 dibawa atlet renang Papua Marinus Melianus Yowei dan diserahkan kepada Sekda Papua, DR. M. Ridwan Rumasukun sekaligus menyalahkan api Peparnas XVI Papua 2021 di skuadron.

Sekda Ridwan Rumasukun mengatakan api Peparnas XVI Papua 2021 telah menyalah dan ini membuktikan bahwa semangat Peparnas yang dikobarkan itu tak akan mati dimulai dari Genyem dua hari yang lalu itu bukan berarti berakhir.

“Tapi itu adalah awal permulaan kita mengobarkan semangat Peparnas mulai dari Papua untuk Indonesia dan dunia,” ujar Rumasukun disambut tepuk tangan.

Setelah disemayankan semalam di Gedung Negara, selanjutnya api Peparnas XVI Papua 2021 kembali diarak ke Stadion Mandala, Kota Jayapura, 5 November 2021.

Api Peparnas XVI Papua 2021 akan dinyalahkan di skuadron saat upacara pembukaan (opening ceremony) Peparnas XVI Papua 2021 hingga upacara penutupan (clossing ceremony) 15 November 2021 mendatang.

Rute Kirab Api Peparnas XVI Papua 2021 sebagai berikut, tanggal 2 November 2021 di
Kampung Genyem-Lapangan Mandala Genjem-Nimbokrang-Warombaim-Tabri Nimboran-Doyo Lama-Kantor Bupati Jayapura.

Kemudian tanggal 3 November 2021 dari Kantor Bupati Jayapura-Jembatan Tahara-Horex Hotel Sentani-Stadion Lukas Enembe-GPI Elim Jayapura-Pengaadilan Tinggi-Otonom-Ring Road Hamadi-Entrop-Walikota Jayapura.

Selanjutnya tanggal 4 November 2021
Kantor Walikota Jayapura-Bucen II-Tasangkapura-Argapura-B-One Resto-A. Yani-Percetakan-Mall Jayapura-Kantor Gubernur-Dok V-Trikora-Gedung Negara.

Dan tanggal 5 November 2021 Stadion Mandala Jayapura-Acara Pembukaan Peparnas XVI Papua 2021.

Sekedar diketahui, hadir pada kirab api Peparnas di Gedung Negara antara lain, Ketua TP PKK Papua, Ny. Yulce Enembe, Ketua Harian PB Peparnas, Doren Wakerkwa, Ketua Kontingen Peparnas yang juga Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Nikolaus Kondomo. (fil/rm)

LEAVE A REPLY