Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfudz MD (kiri) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (kanani) menyaksikan pertandingan Atletik di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Jumat (12/11). Mahfud MD mengakui bahwa sukses PON dan Peparnas Bukti Papua Aman. Infopublik/Amiriyandi

JAYAPURA (PT) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfudz MD, mengapresiasi upaya Pemerintah Papua yang telah berhasil menyelenggarakan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dari 2-13 November 2021.

Mahfud MD juga menegaskan, suksesnya PON dan Peparnas Papua membuktikan bahwa Bumi Cenderawasih ini aman dan damai dimana diikuti dengan stabilitas politik yang terjaga akibat penyelenggaraan dua event nasional ini.

“Saya bangga dan memberi apresiasi kepada Pemerintah Papua dan seluruh masyarakat Papua atas keberhasilan yang telah dicapai,” ujar Mahfud MD ketika melakukan konferensi pers di Media Center Kominfo Peparnas Papua di Swissbelt Hotel Jayapura, Jumat (12/11).

Menurut dia, suksesnya penyelenggaraan Peparnas merupakan bukti nyata bahwa seluruh elemen masyarakat di Papua dapat menggelar dengan baik berbagai ajang kompetisi olahraga tingkat nasional di masa mendatang. Sehingga, semboyan yang terus digaungkan “Torang Bisa dan Torang Bisa, Barang Apa Jadi” diimplementasikan nyata dalam penyelenggaraan Peparnas yang sukses.

Hal ini tentunya bersinergi dengan upaya pemerintah yang telah membangun berbagai infrastruktur pendukung yang menjadi modal utama dalam menyelenggarakan berbagai kompetisi olahraga. Dari mulai infrastruktur olahraga sampai dengan jaringan telekomunikasi telah dibangun oleh pemerintah di Papua secara masif.

“Semboyan “torang bisa” bukan hanya semboyan semata. Akan tetapi bukti bahwa perhelatan Akbar di tanah Papua ini memang betul-betul bisa kita lakukan,” katanya.

Suksesnya gelaran ini, kata Mahfud, akan semakin meningkatkan taraf hidup masyarakat di Papua, karena masyarakat luas mengetahui kemampuan masyarakat disana yang sukses menggelar berbagai ajang kegiatan olahraga tingkat nasional sebanyak dua kali dalam waktu yang nyaris berdekatan yakni Peparnas dan gelaran pekan Olahraga Nasional (PON).

Berbagai pemangku kepentingan yang terkait akan datang ke Papua untuk menyelenggarakan aneka kegiatan gelaran olahraga yang infrastruktur olahraganya dimiliki oleh Papua.

“Kami mengucapkan terima kasih atas sinergisitasnya yang sangat bagus pun kepada seluruh aparat di daerah yang juga menunjukkan sinergisitas dan kerjasamanya,” tuturnya.

Bukti Papua Aman dan Damai

Dalam mendukung hal itu, pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2020 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan yang komprehensif. Dengan mencakup 7 prioritas utama yakni kemiskinan, pendidikan, kesehatan, usaha, mikro dan kecil (UMK), ketenagakerjaan, pencapaian SDGs dan pembangunan infrastruktur.

Melalui fokus 7 hal itu, menurut Menko Polhukan, maka diharapkan juga akan membuat stabilitas politik di wilayah Papua menjadi aman dan damai. Sehingga, insiden-insiden peristiwa konflik yang kerap muncul di Papua dapat diredam secara efektif melalui berbagai program yang yang didasari oleh prioritas-prioritas yang telah termaktub dalam inpres di atas.

“Menciptakan rasa aman, damai serta memperkuat persatuan, kesatuan tindakan kekerasan harus diselesaikan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (ist/rm)

LEAVE A REPLY