JAYAPURA (PT) – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua merencankan bakal menggelar Festival Kopi Papua pada tanggal 3-4 Agustus 2018 di Kota Jayapura.

Festival pertama kali diselenggarakan Bank Indonesia itu menghadirkan barista (penyaji kopi) ternama yakni Muhammad Aga, Winner Indonesia Barista Championship 2018.

Festival Kopi Papua juga melibatkan kelompok petani kopi dari empat wilayah yakni Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Moanemani di Kabupaten Dogiyai dan Robusta dari Kepulauan Yapen.

Selain itu, juga bakal menghadirkan kedai kopi dan peneliti cita rasa kopi atau Barista and Grader International, Evani Jesslyn, perbankan dan komunitas perintis perkopian di Papua.

Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Adi Purwantoro menjelaskan, alasan pihaknya menyelenggarakan Festival Kopi Papua adalah untuk mendorong budaya minum kopi yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi dari sisi petani dan pemanfaatan lahan di Papua.

“Lahan untuk tanam kopi masih berpotensi di Papua. Oleh sebab itu, kami berharap festival itu dapat mendorong multiflyer efek ekonomi yang dimulai dari hulu hingga hilir perkopian,“ ungkapnya, Selasa (24/7/2018).

Sementara itu, Manager Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Galih Budi Utomo mengatakan, dari festival itu pihaknya ingin menjadikan perkebunan sebagai sektor pertumbuhan ekonomi baru di Papua.

Selama ini, kata Galih, pertumbuhan ekonomi Papua cukup tinggi namun ditopang oleh sektor pertambangan yang hanya sebagian kecil sebagai mata pencaharian masyarakat di Papua.

“Kami ingin mendorong komoditas kopi sebagai komoditas unggulan yang mendorong pertumbuhan ekonomi Papua selain dari sektor pertambangan,“ ucapnya.

Menurutnya, image kopi Papua telah dikenal oleh masyarakat luas, namun konsistensi dari kuantitas dan kualitas kopi Papua belum sesuai harapan.

Dengan demikian bahwa pihaknya mendorong budaya minum kopi dari dulu dibangun kuantitas dan kualitas petani agar konsisten suplainya sampai di hilir yang dapat mendorong masyarakat minum kopi setiap hari. (nan/dm)

LEAVE A REPLY