JAYAPURA (PT) – Patroli gabungan Polsub Sektor Skouw dan Satgas Pamtas Yonif PR 501/BY berhasil mengamankan 39 paket ganja kering, yang terdiri dari 5 paket besar dan 34 paket kecil yang beratnya 4500 gram tak bertuan di Perbatasan RI-PNG, Senin (12/11).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol A.M Kamal saat dikonfirmasi membenarkan penemuan ganja tak bertuan di perbatasan itu.

Ia menjelaskan, awalnya pada hari Minggu (11/11) pukul 17.00 WIT, personil mendapat informasi dari masyarakat bahwa di sekitar Bak penampungan air dekat perbatasan RI-PNG sering dilewati oleh warga PNG untuk transaksi ganja.

Menindaklanjuti informasi itu, lanjut Kabid Humas AM Kamal, pada Senin (12/11) pukul 09.00 Wit, personil gabungan Polsub Sektor Skouw dan Satgas Pamtas Yonif PR 501/BY melakukan patroli di dekat perbatasan RI-PNG, sekaligus melakukan pengecekan dalam rangka KTT APEC yang akan diselenggarakan di PNG.

Saat personel gabungan itu melakukan patroli di mulai dari Bak Air termasuk melaksanakan patroli jalan tikus yang sesuai informasi sering dilalui oleh warga PNG untuk melakukan tindakan ilegal ataupun transaksi ganja.

“Namun, pada pukul 09.45 WIT, personil patroli melihat plastik yang diikat di pohon dicurigai ataupun sering ditujukan sebagai kode kepada pengedar ganja, selanjutnya dilakukan penyisiran sejauh 50 meter di sekitar tanda itu dan ternyata didapatkan bungkusan yang mencurigakan. Setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan ganja kering sebanyak 39 paket seberat 4.500 gram,” katanya.

Kemudian, petugas patroli gabungan itu, mengamankan barang bukti ganja kering tersebut ke Polsub Sektor Skouw untuk selanjutnya dilakukan penyelidikan guna mengetahui pemiliknya.

“Barang bukti langsung diamankan untuk pengembangan lebih lanjut,“ imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY