JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH sebagai pemegang saham PT Bank Pembangunan Daerah Papua atau Bank Papua melantik TEA Heri Dosinaen, SIP, MKP, MSi sebagai Komisaris Utama dan Drs. Nataniel Dominggus Mandacan sebagai Anggota Komisaris non indenpenden PT Bank Pembangunan Daerah Papua (Bank Papua) di Kota Jayapura, Jumat (21/12).

Dalam Surat Keputusan Pemegang Saham tertulis kedua komisaris itu, resmi menjabat selama tiga tahun periode 2018-2021.

Menjabat sebagai Komisaris Utama dan Anggota Komisaris Non Independen Bank Papua, Hery Dosinaen dan Nataniel Dominggus Mandacan mempunyai tugas melakukan pengawasan secara umum dan atau khusus sesuai anggaran dasar serta memberikan nasihat kepada direksi dalam menjalankan kepengurusan Bank Papua.

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan, Bank Papua adalah bank umum milik daerah telah berkarya dan berkontribusi untuk pembangunan daerah selama 52 tahun di Tanah Papua, sehingga ia berharap Bank Papua terus maju dan bertumbuh sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih luas dan nyata.

Dikatakan, pada tahun 2013 kondisi Bank Papua dalam status pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lantaran kinerjanya yang menurun, maka hasil RUPS tahun 2015 merekomendasikan harus dilakukan pembenahan di Bank Papua.

“Kondisi itu diremehkan oleh pemegang saham, tetapi sudah disepakati untuk melakukan pembenahan secara menyeluruh dengan memilih direksi dari luar Bank Papua, karena saya melihat kondisinya semakin parah,“ ujar Gubernur.

Pada RUPS tahun 2017, kata Gubernur, disepakati para pemegang saham, Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat memilih dan menetapkan Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinanen dan Sekretaris Daerah Papua Barat, Nataniel Dominggus Mandacan sebagai Komisaris Utama dan Anggota Komisaris Non Independen Bank Papua.

Gubernur mengingatkan kepada kedua komisaris agar melakukan pengawasan secara baik dan mampu memberi koreksi kepada direksi serta melakukan teguran jika terjadi kesalahan.

Seperti diketahui, kedua Komisaris yang dilantik Gubernur Papua, Lukas Enembe adalah untuk menggantikan Pdt Lipiyus Biniluk dan drh Constant Karma yang telah selesai masa jabatannya. (ria/rm)

LEAVE A REPLY