Menko PMK Muhadjir Effendy mengalungkan peraih medali pada cabor atletik di Stadion Lukas Enembe Jayapura, Sabtu (6/11/2021)/ Amiriyandi InfoPublik. Sumber foto: InfoPublik.id

SENTANI (PT) – Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan kepada para atlet yang bertanding di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 Papua.

“Saya minta masyarakat Papua, khususnya memberikan suport kepada para atlet yang sedang berlaga,” kata Muhadjir Effendy saat meninjau sekaligus menyaksikan pertandingan nomor 400 meter putra cabang olahraga atletik di Stadion Lukas Enembe Jayapura, Sabtu (6/11).

Terkait penerapan protokol kesehatan (prokes), Muhadjir, yakin bahwa masyarakat di Kota dan Kabupaten Jayapura yang akan menyaksikan perlombaan secara langsung telah sadar mematuhi prokes secara ketat.

Sebagaimana dilangsir dari sumber InfoPublik.id bahwa Menko PMK menyatakan ketika penyelenggaraan PON XX di Papua, dimana masyarakat telah mematuhi prokes dengan baik. Hal ini juga terbukti, angka penularan COVID-19 di Papua relatif kecil dan terkendali.

“Ini menunjukan bahwa masyarakat Papua khususnya di tempat event PON dan Peparnas ini sudah sangat sadar akan pentingnya melindungi diri sendiri dan orang lain dari ancaman COVID-19,” ujar Muhadjir Effendy.

Hari pertama di Papua, cabang atletik menjadi ladang perebutan medali emas para atlet penyandang disabilitas tanah air.

Dari informasi Techinal Delegate PB Peparnas, laga atletik yang dipertandingkan di Stadion Lukas Enembe, sedikitnya menyediakan 34 keping medali emas. Sementara cabang olahraga paralimpik lainnya yang mulai bertanding hari ini, tenis meja, catur, dan bulutangkis.

Medali untuk atletik tersebut dipertandingkan dalam klasifikasi nomor bagi atlet Tuna Daksa, Rungu Wicara, Celebral Palsy, Tuna Netra, dan Perawakan Pendek.

Dari Stadion Lukas Enembe, atlet tuan rumah Papua Abraham Elopere menjadi peraih emas pertama Peparnas XVI Papua setelah finis terdepan dalam lomba klasifikasi T20 cabang olahraga atletik nomor 1.500 meter putra.

Atlet 32 tahun itu membukukan waktu terbaik yakni 4 menit 22,63 detik. Abraham berhasil mengalahkan wakil Jawa Tengah Nasrodin yang harus puas membawa pulang perak usai finis kedua dengan catatan waktu 4 menit 24,52 detik.

Sementara perunggu diraih atlet asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Leksi Kase, yang menyelesaikan lomba dengan waktu 4 menit 25,76 detik. (ist/rm)

LEAVE A REPLY