JAYAPURA (PT) – Anggota Komisi II DPR Papua yang membidangi Perekonomian, Mustakim HR menilai, salah satu hasil alam yang memiliki potensi jual pada saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua adalah produk olahan buah merah.

“Produk buah merah ini, berpotensi memiliki nilai jual, bahkan bisa menjadi oleh-oleh pada PON XX tahun 2020 di Papua. Jadi, selain Noken, tapi juga olahan buah merah memiliki potensi nilai jual ke tamu yang hadir pada pelaksanaan PON 20 Papua mendatang,” kata Mustakim kepada Wartawan, Jumat (23/11).

Apalagi, kata Mustakim, saat ini pemerintah melalui dinas terkait gencar-gencarnya melalukan pembinaan terhadap para pelaku usaha kecil dan menengah dalam menyambut PON XX tahun 2020.

“Dinas terkait sudah melakukan pembinaan. Jika kami lihat yang memiliki potensi yakni, noken, baju khas Papua dan olahan buah merah,” ujar Mustakim.

Hanya saja, kata Mustakim, pihaknya lebih mengunggulkan olahan buah merah untuk dipasarkan selama PON Papua berlangsung. Karena, dari awal memang buah merah digadang sebagai produk unggulan Papua.

Mustakim menyebutkan, bahwa olahan buah merah yang memiliki nilai jual dalam bentuk soft drink, sabun, shampo, minyak buah merah asli dan lainnya.

“Jadi, para pengrajinnya pun sudah siap. Juga ada beberapa tempat yang mereka sudah siapkan. Bahkan juga ada yang langsung dibina PT Irian Bhakti Mandiri,” imbuhnya. (ara/rm)

LEAVE A REPLY